Vespa/Piaggio Ape dan Bajaj Roda Tiga di Indonesia Juli 21, 2012
Posted by hendrajaua in Uncategorized.Tags: bajaj auto, jamnalal bajaj, piaggio ape, rahul bajaj
trackback
Awalnya saya menganggap Piaggio Ape hanya bisa dilihat di Eropa, sedang di Indonesia, kita cukup puas dengan versi “tuan Takur” yaitu Bajaj. Tapi setelah mendapat link ke sebuah free magazine, terdapat artikel tentang restorasi Vespa/Piaggio Ape saya terkejut. Ternyata ada loh Ape di Indonesia.
Piaggio Ape sendiri merupakan salah satu karya Corradino D’Ascanio insinyur yang juga merancang Vespa untuk Enrico Piaggio pemilik Grup Piaggio. Versi Ape mulai diproduksi pada tahun 1948 bermesin 2 tak, 125 cc. dan terus diproduksi sampai tahun 2000-an dengan berbagai tipe dan kubikasi mesin. Aplikasi kendaraan ini sangatlah luas. Bisa sebagai kendaraan penumpang, atau sebagai moda pengangkut di pasar, untuk berbagai keperluan niaga bahkan sebagai pengantar pizza. Konon kabarnya, Ape di Indonesia digunakan sebagai moda transportasi seperti Bemo. Sayang hanya sedikit saja yang tersisa.
penampakan Piaggio Ape di Indonesia (foto: forum IVI)
Ape pengantar pizza (foto: wikipedia)
Entah tahun berapa Bajaj roda tiga mulai masuk Indonesia mungkin di sekitar tahun 60an – 70an. Bajaj sendiri merupakan perusahaan yang didirikan oleh Kamalnayan Bajaj anak dari pengusaha ternama India Jamnalal Bajaj pada tahun 1945 dan menjelma menjadi importir kendaraan roda dua dan tiga. Pada tahun 1960, Rahul Bajaj yang terkenal sangat menyukai produk2 Piaggio kala itu, berhasil mendapatkan lisensi khusus untuk membuat beberapa tipe Vespa untuk roda dua dan tipe Ape untuk roda tiga, dengan menggunakan nama Bajaj Auto. Seperti yang kita tahu, Bajaj roda tiga sampai saat ini masih digunakan sebagai alat transportasi di Jakarta. Walaupun banyak cibiran karena polusi suara dan asap (untuk tipe 2 tak), tapi kendaraan ini secara tidak resmi sudah menjadi salah satu ikon Jakarta bersama Bemo.
bajaj 2 tak di Jakarta (foto:wikipedia)
Beruntung Bajaj roda tiga sudah ada tipe 4 tak dengan bahan bakar yang fleksibel (BBG atau BBM) walaupun jumlahnya belum signifikan. Mungkin karena harganya yang tidak terjangkau oleh para pemilik Bajaj tipe lama, sehingga mereka enggan melakukan peremajaan.
bajaj 4 tak BBG (foto:wikipedia)
Hmm andai teknologi Euro 3 yang menempel pada New PX 2012 bisa diterapkan pada si Bajaj. Moda transportasi ini bisa lestari tanpa cibiran polusi. Atau mungkin bisa diganti dengan teknologi motor listrik seperti edisi Ape Calessino tahun 2007. Toh program kendaraan listrik sedang getol2nya didengungkan oleh Pak Dahlan Ishkan.
Ape Calessino bertenaga listrik (foto: wikipedia)
Salam
Pertamaxxx
siip..
kemarin liat di bologna mas yang model pick up lebih gede ukurannya da pakai setir , mesinnya juga sepertinya multy cylinder 4 tak .. mungkin 500-600 cc , uniknya kemudi pakai setir bundar
memang ada yang cc gede.. malah ada juga yang mesin diesel bikinan india.. 😀 mungkin di Italia sana, kendaraan model begini lebih lincah kali yah….cmiiw..
kalo ada di dekaet sini rela gue tuker ama motor di rumah 😀
versi “tuan Takur” banyak sliweran bro.. hehehehe.. 😀
keren tu yg atas,,, bsa buat ngangkut gabah,,, xiixi
http://chozinahmad.wordpress.com/2012/07/21/dengan-bobot-25-kg-motor-listrik-ini-mampu-melesat-180-kmjam/
emang itu fungsinya kok… hehehehe…
Iya bro, bajaj sudah BBG kan. Saya lewat pool nya kalau pulang kantor 🙂
Lumayan buat angkut – angkut 🙂
http://z1riders.wordpress.com/2012/07/22/inspirasi-modifikasi-honda-new-supra-fit-fit-x-fit-r-fit-s-brooo/
roda 3 emang ad dimn2..
hehehe
1948, wow, berati lebih dulu daripada roda 3-nya Daihatsu yang Midget alias bemo itu ya :D?
wah.. kalau bemo kita kurang tahu sejarahnya bro, untuk piaggio sendiri, mereka beralih ke roda dua/tiga setelah perang dunia 2. tadinya piaggio bikin pesawat terbang. 😀
saya mencari gigi bolu buat bajaj 4 tak ku,ada yg tau infonya g yah
wah. nuwun sewu.. mohon maaf mas, gak ngerti nih maksudnya gigi bolu, maklum belum pernah ngeliat bongkaran mesin bajaj. (yang dimaksud bajaj roda 3 kan?)
hmm… tapi jadi tertarik nih cari2 infonya… 🙂
Saya juga punya , butuh dinamo stater bajaj 3 w 4 tak roda3 pickup
Ternyata ada juga di indonesia yang punya piaggio ape, koleksi yang bagus
Ada juga vespa mania yang punya koleksi piaggio ape di indonesia.
klu punya asik jg tuh…tp syg byk peningalan brg antik kt di expor keluar negri..
beberapa waktu lalu saya naek bajaj 4tak sama temen
di perjalanan kita buka obrolan tentang hobby motor masing2
kebetulan saya penggemar vespa modern
pingin ikut nimbrung sang supir bajaj pun nyeletuk
“piaggio juga mau ngeluarin produk yang kaya bajaj mas, minggu lalu baru test drive kita (red : supir bajaj)”
mulai deh saya korek informasi karna penasaran dan emang suka sama piaggio ape
mungkinkah……????
wah.. info baru nih.. trims mas.. nanti saya coba kasak-kusuk…
Wow keren.
apakah ada info toko/ sparepart bajaj 4 tak , butuh dinamo stater bajaj 3 w 4 tak roda3 pickup,,, hub no hp 085868131570 trimakasih
info bengkel bajaj 2tak roda 3 dong