jump to navigation

Recovery File Inbox Outlook Express dengan undbx.exe Juni 17, 2014

Posted by hendrajaua in Uncategorized.
trackback

Image

Halo bro and sis semua.

Bagi yang masih menggunakan sistem Windows XP pasti kenal dengan aplikasi pengelola email Outlook Express.Saya sendiri kurang tahu apakah aplikasi ini masih disertakan di Window 7 dan 8, karena saya sendiri selalu pakai aplikasi pengelola email Thunderbird dari Mozzila.

Ceritanya hari Senin kemarin (16 Juni 2014) saya izin tidak masuk karena badan meriang. Sekitar jam 11 saya terima telpon dari atasan saya yang sedang mencak-mencak karena file inbox nya hilang semua. Karena saya tidak masuk akhirnya dia akhirnya menelpon provider email untuk minta bantuan (kebetulan beliau masih menggunakan provider email berbayar dan tidak memanfaatkan provider gratis macam gmail atau yahoo mail). Saya kira masalah pun selesai. 

Hari ini (Selasa, 17 Juni 2014) saya sudah bisa masuk kantor dan ketika bertemu atasan saya dia langsung memanggil. Katanya “hei.. I need you to fix this” (atasan saya yang ini emang bule Amrik) sambil menunjuk-nujuk laptopnya. Setelah saya lihat, ternyata problem was not solved, masih kosong inboxnya. 

Image

 

Yah sudah lah, saya langsung “nangkring” di depan laptopnya dan segera beraksi (jiaah,,, kayak lagu band Kotak ajah hehehehe). Pertama-tama saya langsung cari dimana lokasi penyimpanan database. Klik menu Tools >> Options, klik tab Maintenance lalu klik tombol Store Folder. Setelah muncul salin alamat folder. 

Image

 

Lalu tempel (paste) ke address bar di explorer dan tekan “EnterDisitu terlihat file inbox.dbx masih ada dengan ukuran file yang cukup lumayan besar. Dalam kondisi normal, maka di folder Inbox “Outlook Express” ada isinya. Nah ini kosong melompong. 

Waah gimana ini. Terpaksa nanya ke “mbah Dukun” nih. Yup.. “mbah Dukun Google” lebih tepatnya hehehehehe…

Searching sana-sini akhirnya saya menemukan link untuk ke web “undbx” (lihat screenshot paling atas). Langsung download dan jalankan. Kelemahannya ternyata adalah, program ini hanya bisa dijalankan lewat dos command prompt. Wah rada ribet nih, Untuk mudahnya saya salin file inbox.dbx dan file undbx.exe ke root directory “C:\” dan membuat folder baru “C:\mail_recovery” dengan windows explorer. Baru kemudian saya munculkan command prompt. Secara default akan berada pada direktori “C:\Documents and Settings\User”. Ketik “CD\” dan lalu tekan “Enter“.

Langkah selanjutnya adalah recovery file .dbx nya dengan mengetik “undbx -r c:\inbox.dbx c:\mail_recovery” lalu tekan “Enter“. Dan biarkan programnya bekerja. 

Image

Nah langkah selanjutnya hapus file “inbox.dbx” di folder penyimpanan outlook (jangan lupa Outlook nya di tutup dulu). Buka kembali Outlook Express lalu salin isi file yang ada di folder “C:\mail_recovery” ke Inbox Outlook Express. 

Naaah…

Muncul semua isinya.

Bos saya pun senang bukan kepalang. 

 

Oke cukup sekian. Semoga berguna.

 

Salam

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

